Ambon – Banda – Maluku

SailingTripIndonesia.IdKota Ambon atau Ambong adalah ibu kota dan kota terbesar dari Provinsi Maluku. Kota yang berdiri di selatan Pulau Ambon ini. Kota Ambon merupakan pusat pelabuhan, pariwisata, dan pendidikan bagi wilayah Kepulauan Maluku.

Dari antara beberapa pelabuhan di kota, Pelabuhan Yos Sudarso di menjadi pelabuhan utama kota dan provinsi dan Bandar Udara Internasional Pattimura merupakan Bandara International Airpot. Kota Ambon disebut juga sebagai pusat pariwisata karena menawarkan beragam jenis wisata, mulai dari alam, budaya, bahari, hingga kuliner.

Ambon memiliki banyak objek wisata alam, namun secara administratif, sebagian besar objek wisata yang sangat terkenal terletak di Kabupaten Maluku Tengah, namun diakses melalui Kota Ambon. Dari antara pantai-pantai di Pulau Ambon, pantai yang paling terkenal ialah Pantai Natsepa yang terletak di Desa Suli, Maluku Tengah. yang terkenal akan rujak natsepanya. Selain itu, terdapat juga Pantai Liang yang terletak di Liang, Sala Hutu, Maluku Tengah.

Untuk paket tour aktivitas menyelam (diving trip), terdapat Nusa Pombo, sebuah pulau yang terletak di antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku. Sebaliknya, lokawisata terkanal di dalam wilayah administratif kota hanya sedikit dan memang tidak seterkenal lokawisata-lokawisata di kabupaten, namun tidak kalah bagusnya dengan mereka. Di antaranya yang paling terkenal ialah Pantai Pintu Kota. Pantai Pintu Kota menjadi pantai yang terkenal karena keunikannya, yakni terdapatnya lubang besar yang menerobos tebing karang sampai tembus di kedua sisinya. Ada pun Pantai Namasua yang terletak di Naku yang masih jarang diketahui. Selain pantai, terdapat pula Air Terjun Anihang di Naku.

Banda Neira

Banda Neira atau Banda Naira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda, dan merupakan pusat administratif Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Secara administratif, Banda Neira terbagi dalam 6 desa, yakni Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka, Nusantara, Rajawali, dan Tanah Rata.

Topografi pulau ini cenderung datar, sehingga memungkinkan didirikannya kota kecil. Pulau Banda Neira memiliki kantor pemerintahan, toko, dermaga, dan bandara. Penduduk pulau ini berjumlah 14.000.

Banda Neira pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli (bunga pala) dunia, karena Kep. Banda adalah satu-satunya sumber rempah-rempah yang bernilai tinggi itu hingga pertengahan abad ke-19. Kota modernnya didirikan oleh anggota VOC, yang membantai penduduk Banda untuk mendapatkan palanya pada tahun 1621 dan membawa yang tersisa ke Batavia (kini Jakarta) untuk dijadikan budak.

Bila Anda ingin berwisata ke Banda Neira, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya, ketersediaan hotel atau jadwal maskapai penerbangan.

Pilihan transportasi ke Banda Neira cukup terbatas, yakni naik pesawat atau kapal laut. Bila wisatawan datang dari Jakarta, Anda dapat melakukan penerbangan ke kota Ambon terlebih dahulu. Ada tujuh maskapai penerbangan yang menyediakan penerbangan Jakarta-Ambon. Di antaranya Garuda Indonesia, Sriwijaya, Nam Air, Citilink, Lion Air, Batik, dan Wings Air. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan pesawat perintis Susi Air. Jadwal penerbangan Susi Air tak setiap hari tersedia. “Seminggu tersedia dua kali penerbangan.

Paket Wisata Diving & Snorkeling Ambon Banda Maluku

Itenerary Tour Diving / Snorkeling Banda Neira Ambon kami sarankan Anda dapat memilih paket wisata dengan durasi program wisata selama 5 Hari 4 Malam atau 6 Hari 5 Malam. Karena terbatasnya transportasi, Paket wisata Banda Neira selama 5 Days 4 Nights ini menjadi solusi Anda untuk explore Banda Neira tanpa ribet untuk memikirkan transportasi kesana.

Destinasi Paket Wisata Banda Neira Ambon

  1. Pulau Hatta
  2. Pulau Pisang
  3. Pulau Run
  4. Pulau Nailaka
  5. Pulau Ai
  6. Perkebunan Pala
  7. Benteng Nassau, Benteng Belgica, Benteng Holandia Istana Mini
  8. Rumah Pengasihan Hatta, Rumah Budaya, Gereja Tua dll